(Take Action) Dukung Warga Manggarai Timur Melawan Tambang

cyber-activism

DUKUNG SERUAN AKSI. (Hingga Selasa,16 Sept). Puluhan ibu desa Tumbak itu akhirnya melakukan aksi tidur di jalan menuju Lingko Roga menghalangi alat berat tambang mangan PT Aditya yang dikawal puluhan polisi dan tentara Manggarai Timur. Beberapa mereka terpaksa membuka bajunya, menghalangi perusahaan dan aparat keamaan menerobos aksi mereka.

Sejak 9 September 2014, masyarakat desa tumbak yang menolak tambang itu menduduki lokasi perbatasan Lingko Roga. Lingko sebutan untuk wilayah adat. Mereka menuntut penghentian pertambangan, yang alat-alat beratnya mulai berdatangan di sana. Perusahaan mulai mengalirkan air untuk melakukan pengeboran pada 3 titik yang jaraknya berdekatan dengan sawah dan mata air. Mereka berencana melakukan upacara adat agar dibiarkan mengebor, tapi warga menolak. Polisi dan tentara Koramil 05 Pota dan Koramil Reo dikerahkan untuk mengawal masuknya alat berat tersebut. Tentara juga memancing kemarahan warga dengan mengejar pastor JPIC SVD yang mendampingi aksi. Hingga kini warga masih menduduki lokasi. Mereka membutuhkan dukungan, agar aparat keamanan tidak melakukan kekerasan, dan perusahaan pergi dari situ.
DUKUNG aksi ibu-ibu dan warga desa Tumbak. dengan mengirim sms: “Kami dukung warga Tumbak menolak tambang PT Aditya. Hentikan mengawal alat berat perusahaan, apalagi menakut nakuti warga. Jangan lagi menambah daftar pelanggaran HAM oleh Polisi dan tentara. Jadilah pelindung rakyat.”, (Nama, Kota asal. Tujukan kepada kepada Kapolda NTT (hp 0811386899), Kapolres Manggarai Timur (hp 081246620944), Dandim Ruteng (hp 081323505209). Mohon sebarkan seluas-luasnya.

Leave a comment