01-Surat Ferry Willi Riawan untuk Presiden terkait #DampakBurukFreeTrade

APEC

sumber gambar: http://www.nomoola.com/apec/apec5.html

Surabaya, 19 September 2013

Kepada Yth. Bapak Presiden RI

di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan masalah dampak buruk perdagangan bebas yang ada di Indonesia, bagaimana untuk memberikan jalan keluar? Saya berharap Bapak Presiden RI bisa memberikan solusi demi kesejahteraan bersama. “Amin” Perdagangan bebas baru ini akan masuk di negara Indonesia secara tepat tanpa ada persiapan yang baik.

Presiden hanya bisa mengendalikan barang yang masuk di Indoensia tidak ada pajak yang tercantum. Penduduk sangat menyedihkan adanya dampak semacam ini. Kesusahan dalam kompetensi penjualan produk barang diperhitungkan layak bersaing atau tidak. Jaman dulu belum ada dampak perdagangan bebas yang bisa membantu para pedagang dalam memasarkan hasil barang kepada konsumen untuk dibeli.

Saya memohon untuk Bapak Presiden yang sudah lama memimpin Indoensia. Jangan membiarkan masyarakat kebingungan terhadap mekanisme perdagangan bebas. Memang produk barang yang dikirim melalui jalur transportasi tidak dikenakan pajak, tetapi belum tentu selektif terhadap barang dinilai cukup baik untuk dipasarkan pada wilayah dalam maupun luar negeri. Indoensia akan menerima rugi dengan hasil penjualan yang sangat kecil. Jika nominal harga barang terjangkau murah dikalangan konsumen.

Jika presiden memang benar – benar bertanggung jawab atas masalah ini. Saya sebagai warga Indoensia membutuhkan solusi dari Bapak Presiden agar menanggulangi dampak perdagangan bebas. Pembuktian seperti jalan keluar sangat berpengaruh dalam kemajuan negara tercinta menolak adanya produk barang tanpa pajak. Bagiku orang yang dipilih berdasarkan aspirasi masyarakat dahulu untuk serius memberikan batasan produk barang. Kebahagiaan warga ada ditangan kebijakan Bapak Presiden untuk memikirkan secara ke depan alur antisipasi demi aspirasi masyarakat.

Saya hanya berpesan untuk perdagangan bebas sulit ditebak ingin menghindar, namun penetapan dari APEC sudah memasuki di setiap negara. Kesiapan masyarakat perlu dilakukan sosialisasi agar tidak ada demonstrasi menolak dampak perdagangan bebas. Bekerja untuk mencapai tujuan demi pengahasilan kebutuhan hidup. Jadi hanya semangat bekerja dari masyarakat bisa menerima kenyataan. Semua keputusan masalah ini belum ada solusi yang terbaik dari Bapak Presiden RI.

Salam sukses,

Ferry Willi Riawan

WTO_PosterlowresSumber gambar: http://www.voicebd.org/posters

Leave a comment