Emil Salim Yang Tidak Kita Kenal

emil salim

sumber foto: http://www.tempo.co/read/news/2010/10/27/173287505/Emil-Salim-Terima-Penghargaan-Aneka-Hayati-di-Jepang

Oleh: Firdaus Cahyadi

Siapa tak kenal Emil Salim? Rasanya hampir semua orang Indonesia ini kenal dengan beliau. Bahkan namanya pun terkenal di seluruh dunia. Ya, Emil Salim adalah seorang pakar ekonomi yang kemudian tertarik dan akhirnya menjadi ‘pendekar’ lingkungan hidup.

Namun, akhir-akhir ini  publik pantas terkejut karena Emil Salim diberitakan oleh berbagai media menerima Bakrie Award. Di Kompas (26/8), diberitakan bahwa Pak Emil Salim tidak menolak penghargaan Bakrie Award itu tapi menunda penerimaannya karena sekarang masih menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden.

Menerima atau menolak penghargaan Bakrie Award adalah hak mutlak Emil Salim sebagai individu. Namun, sebagai seorang pendekar lingkungan hidup tentu Pak Emil Salim mengikuti perkembangan salah satu tragedi ekologi terbesar di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Tragedi ekologi itu bernama semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo.

Sebagai seorang pendekar lingkungan hidup, tentu Pak Emil Salim mengetahui bahwa hingga tujuh tahun lebih kasus semburan lumpur Lapindo, belum ada pihak yang bertanggungjawab atas rehabilitasi ekologi yang telah hancur di kawasan itu.

Mengejutkan memang, tapi itulah kenyataan pahit yang harus kita terima. Dengan menerima Bakrie award, kita seperti tidak lagi mengenal sosok Emil Salim yang menjadi pendekar lingkungan. Bisa saja kedepan akan banyak sisi lain kehidupan Emil Salim yang mengejutkan dan tidak seperti kita kenal sebelumnya. Mungkin sejak menerima Bakrie Award, Emil Salim akan menjadi sosok yang asing bagi kita.

 

Leave a comment